Ini Dia 5 Gawai Rekomendasi di Tahun 2021

  • Bagikan

Oleh Liman Setiawan
(Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kalimalang, Jakarta).

KABARINDAH.COM — Memasuki awal tahun 2021, tentunya akan menjadi awal baru bagi semua orang. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga berkembang dengan pesat. Dengan adanya teknologi, manusia dapat bekerja lebih efisien dan efektif.

Salah satu perkembangan teknologi adalah Gawai. Gawai adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Dengan kata lain, Gawai akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Kabarindah.com telah merangkum beberapa Gawai yang layak dibeli pada 2021. Inilah daftar 5 Gawai rekomendasi yang layak Anda miliki:

1. Samsung S21 Ultra
Urutan pertama, Samsung S21 Ultra yang dirilis pada 29 Januari 2021. Gawai ini sudah mendukung jaringan 5G yang menjadikan Gawai ini berada di urutan nomor wahid. Samsung S21 Ultra ini memiliki layar berukuran 6,8 inch, 112,1 cm2. Dengan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus yang membantu melindungi layar Gawai dari goresan.

Gawai ini juga dilengkapi dengan Stylus yang mendukung kegiatan para profesional. Gawai ini menggunakan sistem operasi Android 11, One UI 3.1 dan dibekali dengan chipset Exynos 2100 yang dapat mendukung peforma maksimal Gawai. Samsung S21 Ultra memiliki 4 Kamera belakang dan Kamera depan yang memiliki resolusi 40 Megapixel yang juga merupakan bagian unggulan Gawai ini.

Samsung S21 Ultra juga mendukung fitur Near-field communication (NFC) yang mempermudah dalam transaksi elektronik. Gawai ini juga memiliki fitur Radio dan sidik jari di layar bagian bawah. Dengan kapasitas baterai Li-Ion 5000 mAh dan dapat melakukan pengisian cepat hingga 25 Watt. Maka dari itu, Gawai ini layak menempati urutan pertama.

2. Iphone 12
Urutan kedua, Iphone 12, dirilis pada 23 Oktober 2020. Meski dirilis 2020 akhir, namun Gawai ini masih layak untuk dibeli. Iphone 12 memiliki layar berukuran 6.1 inches, 90,2 cm2. Dengan perlindungan Kaca keramik tahan gores (Scratch-resistant ceramic glass) dan lapisan oleophobic (oleophobic coating) yang menjadikan Gawai ini memiliki resistansi terhadap goresan.

Bukan Iphone namanya jika tidak dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir. Gawai ini menggunakan sistem operasi iOS 14.1 yang dapat di tingkatkan ke iOS 14.4 Iphone 12 ini dijalankan dengan chipset Apple A14 Bionic yang merupakan chipset tercanggih yang dimiliki oleh Apple saat ini.

Gawai ini memiliki 2 Kamera belakang yang juga tak kalah bagus dengan Gawai lainnya dan juga memiliki 2 Kamera depan yang memiliki resolusi 12 Megapixel. Sama halnya dengan Samsung S21, Iphone 12 juga mendukung fitur Near-field communication (NFC).

Gawai ini juga memiliki fitur Face ID yang dapat membuka kunci gawai hanya dengan menatap layar Gawai. Gawai ini memiliki kapasitas baterai Li-Ion 2815 mAh dan dapat mlakukan pengisian cepat hingga 20 Watt. Gawai ini memiliki kekurangan pada kapasitas baterai yang bisa dikatakan cukup kecil untuk Gawai tahun 2021. Maka dari itu, Gawai ini menempati urutan kedua.

3. Oppo Find x3 Pro
Urutan ketiga, Oppo Find x3 Pro. Meski belum diumumkan kapan bakal dirilis, Gawai ini juga dapat mendukung jaringan 5G. Gawai ini memiliki layar berukuran 6,7 inch, 108,0 cm2. Gawai ini dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass. Gawai ini menggunakan sistem operasi Android 11, ColorOS 11.2 dan menggunakan Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 sebagai chipsetnya.

Seperti gawai Oppo lainnya, Oppo Find x3 Pro juga memiliki 4 Kamera belakang yang memiliki resolusi 50 Megapixel dan Kamera depan 32 Megapixel, Gawai ini sangat cocok untuk pengguna yang hobi fotografi maupun swafoto. Gawai ini memiliki fitur Near-field communication (NFC).

Gawai ini juga memiliki fitur sidik jari di layar bagian bawah. Dilengkapi dengan kapasitas baterai Li-Po 4500 mAh, dapat melakukan pengisian cepat hingga 65 Watt dan mampu melakukan pengisian cepat tanpa kabel (wireless) hingga 30 Watt. Meski Gawai ini belum dirilis, namun diperkirakan Gawai ini mampu menyaingi pasar global.

4. Vivo X60 Pro+
Urutan keempat, Vivo X60 Pro+ yang dirilis pada 30 Januari 2021. Gawai ini memiliki layar berukuran 6,56 inch, 104,6 cm2. Gawai ini menggunakan sistem operasi Android 11, OriginOS 1.0 dan menggunakan chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888.

Gawai ini memiliki 4 Kamera belakang yang beresolusi 50 Megapixel dan memiliki kamera depan 32 Megapixel. Gawai ini memiliki fitur Near-field communication (NFC) dan fitur sidik jari yang terletak di layar bagian bawah Gawai ini memiliki kapasitas baterai Li-Po 4200 mAh dan dapat melakukan pengisian cepat hingga 55 Watt.

Keunggulan dari Gawai ini terletak pada kameranya yang menggunakan Optik Zeiss dan Layar pada gawai menggunakan layar lengkung yang berguna untuk mengurangi bezel pada layar. Gawai ini juga memiliki kekurangan, yaitu OriginOS yang masih dalam perkembangan (beta)

5. Xiaomi Mi 11
Urutan kelima, Xiaomi Mi 11 yang dirilis pada 1 Januari 2021. Gawai ini memiliki layar berukuran 6,81 inch, 112,0 cm2. Gawai ini menggunakan sistem operasi Android 11, MIUI 12.5 dan menggunakan chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888. Gawai ini memiliki 3 Kamera belakang yang beresolusi 108 Megapixel dan 20 Megapixel untuk Kamera depan.

Gawai ini juga memiliki fitur Near-field communication (NFC), infrared, dan sidik jari yang terletak di layar bagian bawah. Dilengkapi dengan kapasitas baterai Li-Po 4600 mAh, dapat melakukan pengisian cepat hingga 55 Watt dan mampu melakukan pengisian cepat tanpa kabel (wireless) hingga 50 Watt. Keunggulan dari Gawai ini ada pada fitur infrared yang dapat berfungsu sebagai remote televisi, AC hingga DVD Player. Gawai ini juga membanderol harga yang relatif murah daripada Gawai saingan nya.

Dari 5 Rekomendasi diatas, mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek Gawai tersebut. Marak nya persaingan teknologi membuat produsen berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi dan teknologi terbaru yang dapat membawa perubahan dan kemajuan bagi manusia.

 

 

 

 

  • Bagikan