Kabar  

Hebat! Kampus Muhammadiyah Ini Kirim 100 Mahasiswa KKN di Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Arab Saudi

BANDUNGMU.COM, Medan — Sebanyak 100 mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FAI UMSU) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), magang, dan asistensi mengajar internasional di Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Arab Saudi dari Agustus–September 2023.

Untuk diketahui bahwa KKN internasional di FAI UMSU sendiri telah berjalan dengan sukses selama 8 tahun.

Pelepasan diwakili oleh Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto MSi di Aula FAI UMSU Jalan Muchtar Basri Nomor 3 Medan ada Sabtu (29/07/2023).

Menurut Rudianto, program KKN Internasional ini merupakan upaya UMSU menggarap program internasionalisasi yang didorong oleh Muhammadiyah.

“Program ini tentu sangat bermanfaat khususnya bagi anak-anak kami yang akan berangkat nanti. Harapannya, anak-anak kami selama melakukan kegiatan Internasional ini dapat menjaga diri dan nama baik universitas,” kata Rudianto, seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Baca Juga:  Inalillahi, Bus Pariwisata Terjun ke Jurang Sedalam 20 Meter, 26 Penumpang Meninggal Dunia

Sementara itu, Dekan FAI UMSU Assoc Prof Dr Muhammad Qorib MA menyebut program KKN internasional ini sebagai salah satu program unggulan UMSU untuk menjalankan tridharma perguruan tinggi.

“UMSU tidak lagi berada di level yang sama dengan perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara, tetapi sudah setara dengan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Kami berharap, nantinya mahasiswa UMSU bisa saling bertukar kebudayaan dengan negara yang dituju,” sebutnya.

Kegiatan ditutup dengan pemberian topi secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa yang berdasarkan laporan 46 mahasiswa mengikuti KKN internasional, 19 mahasiswa mengikuti magang internasional, dan 35 mahasiswa mengikuti asistensi mengajar internasional.

Turut hadir para Wakil Dekan FAI UMSU, Sekretaris OIC UMSU Mhd Shareza Hafiz MAcc, Unit KKN UMSU, Pimpinan prodi FAI UMSU, para dosen FAI, LPPM, Unit MBKM, dan Dekan FAI Uhamka.***

Baca Juga:  2 Masjid yang menakjubkan: Lukisan Mozaik Indah dan Masjid yang Serba Terbuka

____

Sumber: muhammadiyah.or.id

Editor: FA