Awas! Hentikan Kebiasaan Memberi Nasi pada Kucing Anda. Ini Bahayanya

KABARINDAH.COM — Anda sering memberi nasi untuk kucing-kucing di rumah? Sebaiknya, mulai sekarang hentikan kebiasaan itu. Memberi makan nasi pada kucing dapat berdampak negatif bagi kesehatan hewan peliharaan Anda itu.

Lalu mengapa kucing tak boleh diberi makan nasi? Dokter hewan, Radhiyan Fadiar Sahistya, mengungkapkan, kucing tidak mampu mencerna karbohidrat menjadi sumber energi secara baik. Ini tentu berbeda dengan manusia. “Energi utama kucing berasal dari protein. Saat kadar protein berkurang, kucing menggunakan lemak sebagai sumber energi,” ungkap Radhiyan dalam webinar “Pentingnya Gizi Pada Anjing dan Kucing di Masa Pandemi” yang tayang di YouTube.

Menurut dia, karena kucing tidak dapat mencerna karbohidrat dengan baik, maka efeknya dapat membuat gula darah kucing meningkat secara drastis. Nah, kebiasaan memberi nasi secara berlebihan kepada kucing dapat mengakibatkan kasus diabetes,terutama kucing yang sudah menginjak usia dewasa.

Baca Juga:  Sarat Nilai Kepahlawanan, Begini Arti Lagu Yamko Rambe Yamko Asal Papua

Seperti halnya manusia, kucing pun membutuhkan nutrisi seimbang agar anak-anak bulunya bisa tumbuh dengan baik. Semua harus dalam porsi yang pas. Bila berlebihan, anjing atau kucing bisa mengalami gangguan ginjal, khususnya yang berusia di atas tujuh tahun.

Itulah mengapa, kata Radhiyan, makanan-makanan hewan peliharaan dari pabrik dikategorisasi berdasarkan kategri usia, yakni makanan untuk anak kucing atau anjing juga untuk hewan yang sudah dewasa. Anak kucing atau anak anjing sebetulnya masih mendapat asupan nutrisi dari air susu induk. Organ pencernaan mereka belum berkembang sempurna sehingga butuh nutrisi berbentuk cairan.

Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan memberi nasi kepada kucing-kucing Anda…