Anak Susah Tidur? Wah, Itu Berbahaya. Ini 7 Trik dan Tips Cara Mengatasinya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM — Tidur adalah bagian penting bagi siklus kehidupan seorang anak. Karenanya, jangan pernah menganggap sepele masalah tidur. Kekurangan tidur pada anak akan mengalami berdampak pada masalah tumbuh kembangnya.

Maka, Anda harus memastikan si buah hati cukup beristirahat. Anak berusia 0 sampai 1 tahun, per hari bisa menghabiskan 15-16 jam untuk tidur. Memasuki usia 1 hingga 3 tahun, jam tidur berkurang mulai dari 12-14 jam per hari, usia 3-6 tahun hanya 11-12 jam per hari, memasuki usia 7-12 tahun waktu tidur 9-10 jam per hari, dan setelah remaja maka kebutuhan tidur sudah 8 jam per hari.

Saat tidur, sel-sel mengalami regenerasi sehingga apabila proses tersebut terganggu bisa berakibat kurang baik bagi anak. Apabila orang tua membiarkan anak bangun di tengah tidur dan melakukan kegiatan lain, maka akan berefek pada aktivitas anak esok hari. Jika anak sekolah, dia akan mengantuk dan mengganggu jam pelajaran.

Nah berikut ini Trik dan Tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit tidur:

1. Matikan lampu atau gunakan lampu redup akan membantu anak mengenali jam tidur.

2. Hindari pemasangan televisi di kamar serta jauhkan gawai dari tangan anak. Anak harus terbiasa untuk tidak terpapar sinar langsung, seperti televisi dan gawai sekurang-kurangnya 30 menit sebelum tidur.

3. Sebaiknya anak menggunakan ear plug untuk menghindari suara-suara yang bisa mengganggu tidurnya.

4. Lakukan ritual menyenangkan sebelum tidur. Bukan dengan cara bermain, coba dengan mandi agar badan terasa ringan dan segar, atau membaca buku cerita bersama yang juga bisa menambah pengetahuan dan kosakata.

5. Hindari memberikan makanan berat pada anak sebelum tidur. Perlu ada jarak untuk konsumsi makan berat termasuk meminum susu, hal ini menghindari rasa begah pada perut anak.

6. Coba juga untuk membuat udara kamar tidur yang sejuk, tidak terlalu dingin atau panas. Dengan kondisi udara yang sejuk akan memberikan kenyamanan, terlebih lagi jika kondisi udara tidak pengap, maka akan lebih baik bagi pernapasannya.

7. Ajak anak untuk berdoa sebelum tidur.

  • Bagikan