5 Perpustakaan di Jakarta Ini Keren dan Nyaman. Bikin Betah Baca Buku

KABARINDAH.COM – Perpustakaan selalu menjadi tempat yang nyaman untuk membaca buku. Namun tidak hanya itu saja lho, perpustakaan juga dapat menjadi tempat untuk bekerja hingga mengerjakan skripsi maupun tugas akhir.

Melansir dari laman Provinsi DKI Jakarta, ada sejumlah perpustakaan di Jakarta. Penjabarannya yaitu 2 perpustakaan umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, 213 taman bacaan masyarakat, 11 perpustakaan rusun, 6 kantor perpustakaan dan arsip, dan 4 perpustakaan Lapas.

Berikut 5 perpustakaan di Jakarta yang asik untuk menghabiskan waktu. Simak penjelasan berikut ya!

1. Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan Erasmus Huis terletak di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan. Perpustakaan ini berada di komplek Kedutaan Besar Belanda. Nuansa di dalam perpustakaan ini nyaman dan hening. Perpustakaan Erasmus Huis ini sempat mengalami renovasi sejak November 2018. Saat ini perpustakaan ini didominasi dengan warna putih.

Baca Juga:  Manajemen Peserta Didik

Perpustakaan Erasmus Huis juga dapat dimanfaatkan untuk acara diskusi maupun seminar. Selain itu perpustakaan ini memiliki 15 ribu judul buku terbitan Indonesia dan Belanda dari kategori sastra, linguistik, sejarah, politik, sosial, seni, budaya, anak-anak, hingga kamus.

2. Perpustakaan Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi ternyata juga memiliki perpustakaan yang ciamik. Perpustakaan ini berdiri sejak 29 November 2004. Perpustakaan ini memiliki 200 ribu judul buku dalam berbagai bentuk.

Perpustakaan Kemendikbudristek ini juga menerapkan SLiMS (Senayan Library Management System) adalah sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis web.

Perpustakaan ini terdiri dari dua lantai dengan total luas lahan 1500 meter persegi. Ada ruang kelas, ruang diskusi/serba guna, ruang koleksi anak, ruang audio visual, teater mini, hingga layanan fotokopi dan tentu saja akses internet gratis.

Baca Juga:  Kenalkan Kampus Sejak Dini, SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Kunjungi UM Bandung

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)

PNRI pertama kali diresmikan pada tahun 2017. PNRI memiliki 27 lantai yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Selain itu gedung PNRI memiliki konsep desain green building.

PNRI memiliki begitu banyak koleksi terkmasuk buku digital, buku langka, manuskrip nusantara, foto, peta, hingga lukisan. Ada juga koleksi yang berbentuk monograf, rekaman suara, film, hingga bentuk mikro.

Untuk kamu yang ingin membaca sambil mengerjakan tugas, bisa langsung datang ke lantai 24. Tidak hanya tempatnya yang nyaman, akan tetapi pemandangan luarnya juga sangat bagus. Kamu dapat melihat keindahan Monas (Monumen Nasional) dari ketinggian.

4. Perpustakaan Freedom

Perpustakaan Freedom juga terletak di daerah Kuningan Jakarta tepatnya di lantai dasar gedung Wisma Bakrie. Perpustakaan ini sempat vakum namun dibuka kembali pada Agustus 2017.

Baca Juga:  Prof. Udin Pesan Kepada Pimpinan Sekolah Muhammadiyah Supaya Raih Keunggulan dengan 4 Hal

Terdapat ribuan koleksi literatur di perpustakaan ini. Tidak hanya juga ada jurnal dan koran nasional maupun internasional.

5. Perpustakaan Universitas Indonesia

Walaupun tidak terletak tepat di kota Jakarta, perpustakaan UI juga bisa menjadi pilihan tempatmu untuk menghabiskan waktu. Perpustakaan UI memiliki koleksi bacaan yang lengkap dan fasilitas yang mumpuni.

Perpustakaan UI mengoleksi lebih dari 5 juta judul bacaan. Perpustakaan UI diberikan julukan The Cristal of Knowledge. Nah, itulah daftar perpustakaan di Jakarta dan sekitarnya yang cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu membaca atau mengerjakan tugas.