31 Arti Mimpi Tentang Penyakit, Ini Kebaikan dan Keburukannya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM — Menurut Dorland’s Medical Dictionary, penyakit adalah kondisi abnormal tertentu yang secara negatif memengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh tubuh suatu makhluk hidup, dan bukan diakibatkan oleh cedera eksternal apa pun. Suatu penyakit dapat disebabkan oleh faktor-faktor eksternal seperti patogen atau oleh disfungsi internal.

Dalam mimpi, penyakit memiliki arti dan makna tertentu. Imam Muhammad Ibn Sirin dalam kitab Tafsir Mimpi berjudul “Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam” mengungkapkan, mimpi tentang penyakit memiliki arti dan makna sebagai berikut:

1. Mengidap penyakit dalam mimpi melambangkan sifat yang menjijikkan, atau seorang munafik.

2. Mendapat diri sendiri sedang sakit dalam mimpi berarti kesehatan yang baik selama tahun ini, atau bisa berarti kehilangan ketaatan dan kurang kesalihan.

3. Jika seorang tentara menemukan dirinya sedang sakit dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan terluka.

4. Jika seseorang melihat istrinya sakit dalam mimpi, maka ini berarti bahwa istrinya lupa dengan kewajiban keagamaannya.

5. Jika seorang yang sedang sakit melihat dirinya mengendarai seekor lembu jantan atau babi dalam mimpi, maka ini berarti kematiannya.

6. Sakit demam dalam mimpi berarti tekanan yang disebabkan oleh penguasa.

7. Merasa sakit atau tidak enak badan disebabkan penyakit yang tidak terdiagnosa dalam mimpi berarti membelanjakan uang atau menghabiskannya bukan di jalan Allah.

8. Dalam mimpi, penyakit seringkali ditakwilkan sebagai ketidakpatuhan beragama dan meremehkan agama.

9. Jika anak seseorang yang sedang sakit sembuh dari sakitnya dalam mimpi, maka ini berarti perang, atau pengepungan.

10. Jika seseorang melihat dirinya sakit dalam mimpi, maka ini berarti kemenangan atas musuh dan menikmati kehidupan yang bahagia.

11. Sebaliknya, melihat orang lain menderita penyakit dalam mimpi berarti kurang pekerjaan, dan bagi orang kaya, ini berarti bahwa ia menjadi orang miskin.

12. Jika orang yang melakukan perjalanan bisnis melihat dirinya sakit dan menginginkan sesuatu dalam mimpi, maka ini berarti bahwa bisnisnya tidak akan gagal.

13. Bagi seorang dokter, mimpi ini berarti bahwa ia tidak mengabulkan permintaan pasiennya.

14. Jika seorang yang sedang terbaring sakit melihat dirinya membebaskan seorang budak dalam mimpi, maka ini berarti kematiannya, karena orang yang mati tidak mempunyai harta.

15. Mimpi melihat seorang teman sakit berarti bahwa seseorang akan menderita penyakit yang sama. Dalam mimpi, penyakit juga menggambarkan pembelajaan uang, tobat, salat, permohonan, memohon dengan sangat.

16. Sementara itu, jatuh cinta dalam mimpi berarti suatu penyakit.

17. Melihat dua orang anaknya sakit dalam mimpi berarti bahwa seseorang mengidap trakoma atau oftalmia, karena mata seseorang dalam mimpi melambangkan anak-anaknya.
18. Penyakit dalam mimpi berarti bahwa seseorang telah kehilangan sesuatu yang menyebabkannya sengsara.

19. Melihat ayah sendiri sakit dalam mimpi berarti mengidap sakit kepala migrain, karena ayah dalam mimpi juga melambangkan kepala.

20. Dalam mimpi, suatu penyakit juga menunjukkan kebohongan dan korupsi.

21. Jika seseorang melihat dirinya menderita sakit teramat parah dalam mimpi, maka ini berarti bahwa dosa-dosanya akan diampuni, dan ia akan menemui ajalnya dengan keridhaan Allah.

22. Suatu penyakit dalam mimpi juga menandakan sebuah bencana, kesukaran, ketakutan akan sesuatu, mendambakan sesuatu, atau masalah.

23. Penyakit seorang wanita dalam mimpi melambangkan anak tirinya.

24. Penyakit seorang pria juga bisa menggambarkan pantangan dari hubungan seksual dengan istrinya selama masa haid.

25. Penyakit seorang ilmuwan berarti kelemahan dalam kesetiaan religius mereka.

26. Penyakit seorang penguasa berarti kelalaian beragama, atau bahwa ia akan meninggal pada tahun yang sama.

27. Penyakit seorang guru dalam mimpi berarti perpisahan dengan muridnya.

28. Penyakit seorang anak kecil berarti kesukaran dan kekhawatiran orang tuanya. Wafatnya orang yang sudah tua atau orang dengan penyakit yang sudah sangat parah dalam mimpi berarti pembebasan.

29. Matinya seekor binatang dalam mimpi berarti kurang bermanfaat.

30. Suatu wabah penyakit dalam mimpi berarti kemarau, atau kemakmuran bagi dokter, dan juga bagi pengurus pemakaman.

31. Mengeluhkan rasa sakit yang dialami dalam mimpi berarti kesukaran, kecuali jika yang dikeluhkan dalam mimpi itu adalah seorang musuh, maka ini berarti kemenangan dan kesenangan bagi orang yang melihat mimpi itu.

  • Bagikan