Cara Ngabuburit Bermanfaat dan Produktif

Ilustrasi ngabuburit dengan banyak membaca Al-Quran (Istockphoto).

KABARINDAH, Bandung — Ngabuburit adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh umat muslim di Indonesia khususnya. Kegiatan ini bisa dilakukan menjelang berbuka puasa.

Meskipun awalnya ngabuburit hanyalah sekadar melewatkan waktu, sekarang sudah banyak orang yang mencoba untuk memanfaatkan waktu ngabuburit menjadi lebih produktif.

Bagaimana cara ngabuburit agar lebih produktif dan tidak hanya menghabiskan waktu? Berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda.

Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah aktivitas yang sangat baik dilakukan saat ngabuburit. Selain dapat meningkatkan pahala, membaca Al-Quran juga dapat membantu Anda memperdalam pemahaman tentang Islam. Utamanya yang berkaitan dengan puasa.

Baca Juga:  Selain Mencipta Bahagia, Ibadah Shalat Juga Jadikan Manusia Punya Akhlak Mulia!

Belajar bahasa Arab

Ngabuburit juga bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Arab atau bahasa asing lainnya. Anda dapat mencari buku-buku belajar bahasa Arab atau mengikuti kelas online untuk mempelajari bahasa ini. Belajar bahasa itu sangat mengasyikkan.

Menulis

Saat ngabuburit Anda bisa mencoba misalnya menulis jurnal atau menulis karya lainnya. Contohnya cerpen, novel, atau bahkan naskah buku. Menulis jurnal bisa membantu Anda merenungkan kegiatan selama hari ini, mengevaluasi diri, atau menetapkan tujuan untuk ke depannya.

Membaca buku

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat saat ngabuburit. Pilihlah buku yang menarik dan sesuai dengan minat Anda. Membaca buku bisa melalui internet atau buku fisik.

Baca Juga:  Baitul Arqam Jadi Alat Ukur Kualitas Kampus Muhammadiyah

Berolahraga ringan

Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan-jalan di sekitar kompleks tempat tinggal. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa membantu melepas stres. Namun, jangan terlalu berlebihan agar Anda tidak kecapean.

Membuat rencana kegiatan

Saat ngabuburit Anda juga bisa mencoba membuat rencana kegiatan untuk ke depannya. Hal ini bisa membantu Anda mengorganisasi waktu dan memaksimalkan produktivitas pada hari-hari berikutnya.

Berbagi dengan orang lain

Jangan lupa juga untuk berbagi dengan orang lain. Anda bisa mengunjungi keluarga atau teman-teman untuk berbuka puasa bersama dan saling berbagi cerita. Bisa juga Anda berbagi sedekah dengan sesama yang membutuhkan pertolongan.

Dengan melakukan aktivitas-aktivitas di atas, Anda dapat mengisi waktu ngabuburit dengan cara yang lebih bermanfaat, produktif, dan menyehatkan jiwa.

Baca Juga:  Cahaya Mengganggu Kualitas Tidur dan Buruk untuk Kesehatan Tubuh

Ingatlah bahwa tujuan utama dari berpuasa adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar bisa meraih derajat takwa di sisi-Nya. Oleh karena itu, jangan lupakan ibadah-ibadah lain yang harus dilakukan seperti salat tarawih atau membaca zikir.

Selamat ngabuburit yang produktif.***