Dua Daerah Zona Merah, Emil Tetapkan Bandung Raya Siaga I Covid-19

  • Bagikan
Illustrasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

KABARINDAH.COMGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan kawasan Bandung Raya siaga I Covid-19. Keputusan ini disebabkan lantaran adanya lonjakan kasus Covid-19 di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

Bahkan dua wilayah yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat masuk kedalam zona merah. Kedua wilayah tersebut memang selalu ramai dengan para wisatawan. Dengan lonjakan kasus Covid-19 ini mayoritas kawasan wisata akan ditutup selama tujuh hari.

” Kepada para wisatawan mohon menunda dan tidak mendatangi kawasasan Bandung Raya selama 7 hari kedepan, karena KBB dan Kab Bandung berstatus zona merah,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang biasa di sapa Kang Emil Selasa (15/6).

 

Mayoritas kawasan wisata juga akan ditutup. Pada kawasan zona merah akan diterapkan Work From Home (WFH) kembali yaitu sebesar 75 persen kerja dari rumah. Sedangkan untuk kawasan Bandung Raya, resto/cafe harus akan ada pembatasan pengunjung sejumlah 30-50 persen.

” Keterisian rumah sakit di kawasan Bandung Raya untuk Covid sudah 84 persen,” tambah Emil. Kondisi ini sudah melebihi standar batas WHO 60 persen dan standar kritis nasional 70 persen. Ini artiya ada penumpukan jumlah pasien Covid-19 di Bandung Raya.

Emil juga berpesan kepada warga yang merasa banyak wara-wiri dalam kesehariannya, diminta berinisiatif mengetes diri dengan tes antigen atau swab PCR. Perketat 5M, sebagai benteng pertahanan diri kepada covid-19.

Dari data Satuan Tugas penanganan Covid-19 per Senin (14/6) mencapai 1.532.

  • Bagikan